Stasiun Pulau Air Mulai Beroperasi, Banyak Warga Antusias dan Berselfie Ria

0
Stasiun Pulau Air atau Pulau Aie (detik.com)

Stasiun Pulau Air atau Pulau Aie yang berada di salah satu sudut kota tua Padang kini menjadi tempat berswafoto atau selfie. Bukan karena bangunan lamanya yang menjadi cagar budaya tetapi bangunan baru setelah reaktivasi.

Baca juga: Kisah Stasiun Pulau Air, Saksi Bisu Kebangkitan Perkeretaapian di Sumatera Barat

Ya, stasiun yang satu ini bisa dikatakan mati suri selama 37 tahun atau sejak 1983 silam. Mati surinya stasiun dan jalur kereta di Pulau Aie ini karena kalah dengan kendaraan bermotor serta diperburuk prasarana gerbong kereta yang rusak dimakan usia.

Peron Stasiun Pulau Air atau Pulau Aie (detik.com)

Selama hampir 37 tahun, meski jalur kereta masih terlihat, di sekitaran bekas Stasiun Pulau Aie sendiri sudah banyak bangunan rumah penduduk. Bahkan bangunan stasiun pun kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

Meski bangunannya terlihat kokoh, tetapi banyak retakan terlihat di dinding dan sambungan tembok. Dulunya, sebelum berhenti beroperasi, kereta dari Stasiun Pulau Aie berangkat menuju ke Stasiun Padang dan terhubung ke Pelabuhan Muaro.

Saat ini bangunan dan jalur kereta di Stasiun Pulau Aie sudah di reaktivasi dan dihidupkan kembali. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Stasiun Pulau Aie sendiri mulai direaktivasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada Juli 2019 lalu.

Rencananya dari Stasiun Pulau Air reaktivasi akan berlanjut ke Stasiun Muaro. Adanya reaktivasi ini pemerintah berharap pariwisata dan kegiatan dagang di wilayah sekitar diharapkan bisa terus meningkat.

Tak hanya itu, pelancong yang menggunakan pesawat bisa dimudahkan dengan kereta bandara yang tersambung hingga Stasiun Pulau Aie. Setelah mulai beroperasi lagi, tarif kereta pun terbilang cukup murah yakni Rp10 ribu dari Bandara Minangkabau hingga ke Stasiun Pulau Aie.

Baca juga: “Baso,” Bukan Cuma Makanan, Tapi Juga Nama Bekas Stasiun di Sumatera Barat

Sedangkan dari Stasiun Padang ke Stasiun Pulau Aie Rp5 ribu sekali berangkat. Aktifnya kembali Stasiun Pulau Aie juga membuat warga antusias baik untuk pariwisata ataupun perekonomian mereka. Untuk diektahui, letak Stasiun Pulau Aie berada di Kota Lama Padang tepatnya di jalan Pulau Air Kelurahan Palinggam, Padang Selatan.

Stasiun ini merupakan stasiun ujung sebelum jalur menuju pelabuhan Muaro dari percabangan stasiun Padang. Stasiun yang menghubungkan kota Padang hingga Sawahlunto ini dibangun secara bertahap pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Dibangun tahun 1890-an, merupakan stasiun dan jalur kereta api pertama yang dibangun Belanda di Padang sekaligus di Ranah Minang.

Leave a Reply