Tidak Lagi Pakai Red Arrow, Seibu Railway Siap Pamerkan Armada Terbarunya Pada Maret 2019

Salah satu operator kereta asal Negeri Sakura, Seibu Railway Co. akan mulai mengoperasikan layanan baru yang menghubungkan Seibu Ikebukuro dan Seibu Chichibu Line pada bulan Maret 2019 mendatang. Uniknya, perusahaan sempat kebingungan dengan penamaan dari layanan kereta ekspress ini – setelah melewati penjajakan yang cukup panjang, akhirnya mereka setuju untuk menamai armada mereka dengan nama “Laview”.

Baca Juga: Beragam Alasan Mengapa Orang Jepang Fanatik Pada Sosok Kereta

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman asahi.com (26/11/2018), Direktur Seibu Railway Co., Hisashi Wakabayashi mengatakan bahwa penggantian nama dari “Red Arrow” menjadi “Laview” akan memberikan warna baru bagi perusahaan tersebut. “Kami berharap semua orang akan menyukainya, Laview akan menjadi andalan baru bagi penumpang,” papar Hisashi. Memang, warga Jepang lebih akrab dengan nama Red Arrow ketimbang Laview, pasalnya nama ini telah digunakan selama kurang lebih setengah abad lamanya.

Pada awalnya, Seibu Railway Co. sendiri menginginkan sebuah konsep kereta yang cocok dengan lembut dan indahnya pemandangan yang disajikan pada rute Seibu Ikebukuro dan Seibu Chichibu Line tersebut. Dengan hadirnya Laview, ini menandakan peningkatan kualitas yang masif di tubuh perusahaan selama kurun waktu 25 tahun terakhir.

Armada Seibu Railway lama. Sumber: Wikipedia

 

Berbeda dengan kebanyakan bentuk kereta biasa, Laview memiliki bentuk body yang lebih bundar dengan balutan cat warna perak. Ukuran jendela dari Laview juga terbilang cukup besar – tinggi 1,35m dan lebar 1,58m – yang membentang dari kursi hingga kompartemen atas penumpang. Salah satu ciri khas dari pendahulunya, yaitu garis merah yang membentang sepanjang body kereta dihilangkan oleh pihak desainer.

Sebanyak tujuh layanan kereta ekspres sekarang beroperasi di Seibu Ikebukuro dan Seibu Chichibu Line akan digantikan oleh “Laview” pada akhir tahun fiskal 2019.

Baca Juga: Demi Kereta Cepat “Aero Train,” Cina dan Jepang Resmi Berkolaborasi

Sebelumnya, kereta ekspres pertama yang digunakan oleh Seibu Railway Co. adalah seri 5000, dimana debut perdananya bertepatan dengan pembukaan Seibu Chichibu Line pada tahun 1969. Lalu pada tahun 1993, perusahaan mulai memperkenalkan armada seri 10.000 yang juga sama seperti seri 5000 – memiliki garis merah atau Red Arrow pada bagian sisi bodynya.