JR East Punya Kereta Komuter Baru untuk Daerah Omiya dan Yokohama

0
Ilustrasi KRL baru milik JR East (Kaori Nusantara)

Meski dunia masih mengalami masa pandemi, tetapi perkembangan dunia transportasi tidaklah tidur. Ini terlihat dari East Japan Railway Company atau yang dikenal dengan JR East baru saja mengumumkan pengadaan kereta komuter baru seri E131 untuk area Omiya dan Yokohama.

Baca juga: JR East Hadirkan Stasiun dengan Pertanian dalam Ruangan

Di mana kereta ini akan melaju di jalur Utsunomiya dan Nikko serta jalur Sagami. Dikutip KabarPenumpang.com dari kaorinusantara.or.id JR East, kereta ini akan beroperasi dengan stamformasi tiga kereta (2M1T) untuk jalur Utsunomiya (Utsunomiya-Kuroiso) dan Nikko (Utsunomiya-Nikko), dan empat kereta (2M2T) untuk jalur Sagami (Chigasaki-Hashimoto).

Spesifikasi kereta baru JR East (Kaori Nusantara)

Kereta-kereta tersebut akan menggunakan kontrol interverter variable voltage variable frequency (VVVF) dengan perangkat Silicon Carbide (SiC). Yang mana sistem ini sama dengan yang ada di kereta rel listrik E131 yang saat ini telah beroperasi di jalur Sotobo, Uchibo, dan Kashima.

Sebelum hadirnya kereta baru ini, jalur Utsunomiya dan Nikko dilayani oleh KRL seri 205 batch 600. Ini adalah kereta hasil refurbish tahun 2012-2013 dari batch 0 yang berasal dari jalur Keiyo dan Saikyo. Sedangkan jalur Sagami dilayani oleh KRL seri 205 batch 500 yang dibuat pada tahun 1991 untuk jalur Sagami dengan bentuk muka yang berbeda dengan batch 0.

Spesifikasi kereta baru JR East (Kaori Nusantara)

Pada bagian luarnya, jalur Utsunomiya dan Nikko akan menggunakan livery dengan warna kuning dan coklat yang terinspirasi dari Kaen Daiko yang dipreservasi di Kota Utsunomiya. Warna tersebut melambangkan atmosfir kuil Nikko yang menjadi warisan dunia UNESCO.

Untuk Jalur Sagami akan menggunakan warna biru untuk livery-nya. KRL ini akan dilengkapi oleh CCTV yang ada di tiap samping keretanya. Hal ini bertujuan agar nantinya kondektur dapat memantau penumpang tanpa harus melihat keluar kereta. Selain itu, pemasangan CCTV ini juga memungkinkan pengoperasian KRL hanya dengan satu masinis.

Bahkan di KRL ini, penunjuk perjalananannya sudah menggunakan LED Full Color. Di bawahnya juga sudah terpasang perangkat pemeriksa jalur KA dan kereta (INTEROS) yang nantinya akan memeriksa kondisi jalur kereta yang dilewati serta memantau performa kereta secara real-time.

Untuk interior, kursi yang ada di seri E131 ini memiliki lebar 460 mm. Hal ini tentunya lebih lebar dari seri 205 yang hanya selebar 435 mm. Selain itu, interiornya pun sudah dilengkapi layar LED sebesar 17 inci yang nantinya akan menampilkan informasi kepada penumpang.

Tentunya ruang bebas untuk pengguna kursi roda dan ibu dengan kereta bayi pun tersedia di ujung kereta. Di dalamnya juga terdapat toilet ramah disabilitas yang tersedia untuk jalur Utsunomiya dan Nikko. Rencananya, KRL Seri E131 ini akan mulai beroperasi pada tahun 2022 untuk menggantikan Seri 205.

Baca juga: JR East Undang Media untuk ‘Test Run’ Kereta Otonom di Jalur Joban

Untuk jalur Utsunomiya dan Nikko akan diproduksi sebanyak 15 trainset dengan 3 kereta per rangkaiannya. Sementara untuk jalur Sagami akan diproduksi sebanyak 12 trainset dengan 4 kereta per rangkaiannya.