Terekam CCTV, Bus Listrik di Cina Mengeluarkan Asap dan Meledak

0
Bus listrik di Cina meledak dan menyambar tiga bus lainnya(carscoops.com)

Beberapa tahun belakangan, kehadiran bus listrik semakin nyata dan mulai digunakan untuk mengangkut penumpang. Bahkan beberapa negara yang regulasinya sudah ada membuat bus listrik mulai dioperasikan secara komersial seperti salah satunya di Cina.

Baca juga: Yutong dan WeRide Kembangkan Bus Tanpa Pengemudi

Namun baru-baru ini sebuah bus listrik di Cina tiba-tiba mengeluarkan asap dan meledak hingga mengeluarkan api. Ledakan yang menghasilkan api tersebut menyambar tiga bus lainnya yang berada di sebelah bus itu. Bahkan tempat sampah yang letaknya tak jauh pun ikut terbakar.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman carscoops.com (8/6/2021), insiden terbakarnya bus listrik ini terjadi disalah satu universitas di daerah otonomi Guangxi Zhuang, Cina Selatan. Kebakaran bus itu terekam CCTV atau kamera pengawas universitas.

Dari kamera pengawas, awalnya bus yang terparkir berjajar itu tampak baik-baik saja. Namun setelah beberapa detik asap terlihat mengepul pada salah satu bus dan seketika meledak mengeluarkan bola api serta membakar tempat sampah.

Bahkan bus kedua disebelahnya ikut terbakar, kemudian api menyambar bus ketiga dan tak lama api juga melalap bus keempat. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar 20 menit setelah api mulai menyala dan dengan cepat memadamkan api.

Sayangnya empat dari lima bus yang terparkir hangus dan hancur total karena kebarakaran itu. Untungnya satu bus terselamatkan tanpa kerusakan serius. Dalam insiden terbakarnya bus listrik tersebut tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Operasikan 400.000 Unit, Populasi Bus Listrik Terbesar Masih di Cina

Penyebab kebakaran pun masih diselidiki. Untuk diketahui, ternyata kebakaran bus listrik di universitan di Guangxi Zhuang yang terkam secara dramatis bukan yang pertama kali. Sebab pada September tahun lalu, sebuah video diunggah ke media sosial yang menunjukkan BAIC EX360 meledak dan mengeluarkan bola api setelah petugas pemadam kebakaran menyemprot air dingin ketika mengisi daya.