Stasiun Terbesar di Asia, Xiong’an Dilengkapi Solar Panel Seluas 42.000 Meter Persegi

0
solar panel Stasiun Xiong'an (cleantechnica.com)

Mengganti listrik dengan tenaga sinar matahari atau tenaga surya untuk banyak hal mulai banyak digunakan di berbagai bidang industri. Salah satunya adalah moda transportasi yang mana di halte, stasiun maupun di bandara memiliki listrik yang dihasilkan sebagian besar dari tenaga surya.

Baca juga: Polandia Punya Fasilitas Pencucian Kereta dengan Tenaga Surya

Saat ini bahkan perjalanan kereta api di beberapa negara, sistemnya sudah menggunakan tenaga surya dalam pengoperasian kereta maupun di stasiunnya. Nah, baru-baru ini kereta api berkecepatan tinggi Beijing-Xiong’an yang melayani dari Bandara Daxing menuju ke Stasiun Xiong’an secara resmi masuk ke fase pengujian dinamis dari commisioning dan pengujian bersama.

Ini dapat diartikan, stasiun terbesar di Asia tersebut segera selesai dan mulai di operasikan oleh otoritas perhubungan di Cina. Stasiun Xiong’an merupakan stasiun kereta api kecepatan tinggi yang memiliki luas konstruksi 475 ribu meter persegi. Stasiun terbesar di Asia ini memiliki tipe jembatan dengan lima lantai utama termasuk tiga lantai di atas tanah dan dua lainnya berada di bawah tanah.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber cleantechnica.com (28/9/2020), Stasiun Xiong’an akan menggunakan listrik yang dibuat melalui proyek tenaga surya meski tidak semuanya. Hal ini terlihat dari atap stasiun terbesar di Asia ini terpasang solar panel dan diawasi oleh perusahaan konstruksi Hebei Jaringan negara.

Atap Stasiun Xiong’an ini seluas 42 ribu meter perseginya dilengkapi modul PV dengan total kapasitas terpasang enam Mega Watt dan pembangkit listrik tahunan rata-rata penggunaan 5,8 juta Kilo Watt Jam. Sehingga bisa dikatakan proyek ini menggabungkan modul efisiensi tinggi Yingli yang tidak hanya memiliki tampilan menarik sesuai lingkungan, tetapi juga memiliki kualitas yang teruji.

Baca juga: Akhir 2022, Operasional Bandara Internasional Edmonton Pakai Tenaga Surya

Selain itu memiliki keandalan tinggi, degradasi rendah dan garansi produk yang tahan lama. Energi matahari akan menyediakan sebesar 20 persen listrik untuk mengoperasikan stasiun kereta api ini dan nantinya akan menjadi demonstrasi energi bersih di transportasi umum.

Leave a Reply